BAB I
PENGENALAN INTERNET
2.1 Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya
2.2 Internet Masa Kini
Internet dijaga oleh perjanjian bi-
atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang
perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan
perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum.
Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments).
Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan
Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol
internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP,
ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet
yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet,
Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses
sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini,
email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih
banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan
Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service),
seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu
melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua
pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog,
Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer
yang berdasarkan sistem Tertutup(?) (Proprietary System), adalah seperti IRC,
ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet
juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette
2.3 Istilah Dalam Internet
Banyak sekali istilah-istilah yang
ada dalam Internet. Bagi mereka yang baru mengenal internet pasti belum begitu
paham tentang istilah dalam komputer.
Beberapa istilah dalam internet
antara lain :
- E-Mail
Surat menyurat melalui internet,
pengguna dapat saling bertukar berita, berita tersebut dikumpulkan dalam satu
file untuk pengamatan berupa mailbox.
-
E-Mail Address
Alamat
yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya, alamat tersebut
berdasarkan DNS.
-
Access
Kegiatan
mengambil atau menyimpan data atau ke memori atau ke disk drive.
-
Attachment
Fasilitas
pada sebuah program email baik program komputer maupun webmail yang dapat
digunakan untuk mengirim file atau gambar yang diikut sertakan pada sebuah
email yang akan dikirim.
-
Attach
Perintah
untuk melacak dan memasukkan dokumen web sekalipun kita menggulung scroolbar
sampai ke akhir dokumen.
-
Banner
Bagian
yang tidak bergerak pada layer sekalipun kita mengulung dokumen.
-
Blog
Blog
atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi
hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting
hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan
mudah diaplikasikan.
-
Body
Suatu
Tag HTML yang digunkan untuk membuka dan menutup semua isian (text,grafik,dan
lain lain) dalam dokumen HTML.
-
Browse
Perintah
dalam lingkungan windows untuk menampilkan isi disk.
-
Browser
Program
aplikasi yang digunakan untuk browsing.
-
Browsing
Aktivitas
penjelajahan beberapa situs di internet.
-
Chatt
Layanan
percakapan online berbasis text yang biasa digunakan pengguna internet untuk
berbicara dengan pengguna lain.
-
Counter
Sebuah
script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.
-
Cyberscape
Istilah
yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat
diakses, jika komputer berhubungan dengan internet atau jaringan besar
lainnya.
-
Dial
Proses
terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat internet melalui
saluran komunikasi.
-
Dial-up
Jenis
komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon untuk bias berhubungan
atara komputer yang satu dengan komputer lain atau bisa diartikan provider
internet memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya.
-
Dial-up Line
Jalur
komunikasi yang digunakan pada proses dial up terutama jaringan umum
atau
jaringan telepon biasa.
-
Disconnect
Istilah
untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau keadaan
tidak terhuubung dengan jaringan manapun.
-
Download
Mengambil
file dari satu komputer ke komputer lain.
-
Error message
Pesan
yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada saat menjalankan suatu
program
-
Eudora
Program
aplikasi layanan e-mail di internet
-
Failure
Pernyataan
yang menunjukan bahwa alat terkait tidak berjalan semestinya.
-
Flame
Pesan
dalam e-mail yang berisi kritikan atau pendapat biasanya dikirim pengguna
internet ke seorang atau sebuah newsgroup sebagai sel ekspresi kesalahan karena
adanya pelanggaran di internet.
-
Freeware
software
yang didistribuskan gratis kepada pemakai.
-
Front Page/Namo WebEditor/Macromedia Dreamweaver
Software
pengembangan web (program pembantu untuk membuat dokumen html).
-
Gif
Format
file untuk menyimpanan data berupa gambar.
-
Google
Nama
search engine di internet.
-
Guest Book
Fasilitas
interaktif dalam sebuah hal web yang mengizinkan pengunjung untuk menulis
pesan.
-
Hacker
Istilah
untuk menyebut orang yang merusak system orang lain untuk sekedar iseng tanpa
memperoleh apapun dari tindakannya tersebut.
-
Homepage
Halaman
pertama dari suatu website
-
Html
Singkatan
dari Hypertext Markup Language. Format dokumen yang digunakan dalam www (world
wide wibe)
-
Http
Bagian
dari suatu url yang mengidentifikasikan lakasi sebagai satu yang digunakan oleh
html.
-
Hyperlink
Link
atau sambungan ke sumber lain(bisa berupa file atau halaman yang berbeda).
-
Internet
Sebuah
jaringan seluas dunia dengan lebih dari 100 juta pengguna
-
Internet Provider
Suatu
sistem yang menyediakan layanan hubungan ke internet, seperti telkomnet,
meganet, radnet, globalnet.
-
Intranet
Sumber
daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi,
atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
-
IP
Ip
adalah internet protocol suatu bentuk dari pengisian dan pengamatan paketpaket informasi
yang dikirim dalam internet.
-
Ip Address
Sebuah
pengindentifikasikan untuk sebuah computer atau perangkat pada jaringan TCP/IP.
Atau dapat diartikan sebagai alamat numeric dari sebuah computer di internet,
ip address sama fungsinya dengan nomor telepon kita di rumah.
-
Internet Explorer
Suatu
browser web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft
-
Irc
Irc
(internet relay chat) sebuah layanan yang dapat berkomunikasi antara orang yang
satu dengan yang lain.
-
ISP
Isp (internet sevice provider)
adalah perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan jasa akses internet
ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contoh dari isp adalah telkomnet,
indosat, centrin, cbn, wasantara.
-
Link
Sambungan
atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain misalnya dalam system
networking atau internet.
-
LAN
Lan
(local area networking) adalah sebuah jaringan yang berdiri sendiri biasanya
pada sebuah kantor atau perusahaan.
-
Log In
Proses
masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
-
Log out
Keluar
atau menutup sama artinya dengan sign out.
-
Mailing List
Sebuah
forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail satu pesan dari seseorang
anggota akan diterima oleh semua anggota.
-
Member
Anggota
member id merupakan identitas anggota,member name,nama anggota.
-
Netscape
Browser
graphical komersial terkenal
-
Network
Sekelompok
komputer yang terhubung yang biasa saling berbagi sumber daya, seperti
printer,atau modem,dan data.
-
Newslatter
Lembar
warta semacam bulletin di internet, atau dapat diartikan sebagai lembar warta
yang disebarluaskan melalui e-mail dengan tata letak menyerupai halaman web.
- Page Wizard
Langkah-langkah yang diberikan
secara berurutan untuk membimbing dalam pembuatan sebuah halaman web.
-
Provider
Perusahaan
yang biasa melayani pembuatan website mengatur penempatan di dunia cyber
termasuk juga maintenance dan penyedia akses internet juga membantu dari segi
promosi agar website tersebut banyak dikunjungi para pengguna internet.
-
Search Engine
Sebuah
fasilitas web yang bias mencari link dari situs lain.
-
Send mail
Untuk
menerima e-mail dari luar maupun dari system setempat dan mengirimkannya ke
tujuan.
-
Server
Sebuah
computer di internet atau jaringan yang menyimpan file dan membuat file
tersebut tersedia untuk diambil jika diperlukan.
-
Sign In
Mendaftarkan
diri menjadi member.
-
Situs
Sebuah
computer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau layanan
seperti newsgroup,e-mail, atau halaman web.
-
Spam
Pesan
tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail bias berupa pesan yang tak berarti.
-
Submit
Mengirim
form yang telah terisi ke dalam server web.
-
Teleconfrencing
Konfrensi
jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang
terpisah jauh secara geografis.
-
Url
Uniform
resource locator sebuah alamat yang menunjukan rute ke file pada web atau pada
fasilitas internet yang lain,url biasanya diketikkan pada browser untuk
mengakses suatu situs web.
-
Website
Suatu
koleksi dokumen html baik pribadi atau perusahaan dalam server web,biasanya
sebuah server web berisi lebih dari satu situs.
-
WWW
World
wide wibe servis internet yang dapat terkoneksi dengan dokumen multimedia
bersama hyper text.
BAB II
INTRANET
Sebuah intranet
adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk
membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut
kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada
layanan yang terlihat, yakni situs web internal
perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah
memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni
protokol Internet (Protokol
TCP/IP, alamat IP, dan protokol
lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP
dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan
komponen protokol yang sering digunakan.
Umumnya, sebuah
intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan
Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh
sebuah organisasi.
Penggunaan
Saat ini
perangkat elektronik pintar sudah merambah diseluruh aspek kehidupan contohnya
di kantor, sekolah, rumah. Beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi
intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal. Intranet
sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas, open
standard, dan banyaknya vendor yang bergabung dalam menigkatkan kemampuan
intranet serta jaminan perkembangan teknologi yang makin meningkat
kemampuannya. [1]
Intranet
digunakan untuk membantu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerja
sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau
direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat manajemen hubungan
dengan pelanggan, manajemen proyek dll, untuk memajukan produktivitas.
Intranet juga
digunakan sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh,
sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi forum intranet
dapat menyebabkan ide-ide baru dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan
isu-isu perusahaan lainnya.
Dalam intranet
yang besar, lalu lintas situs web seringkali sama dengan lalu lintas situs Web
publik dan dapat dipahami dengan lebih baik dengan menggunakan software web
metrik untuk melacak aktivitas secara keseluruhan. Survei pengguna juga
meningkatkan efektivitas situs intranet. Bisnis yang lebih besar memungkinkan
pengguna dalam intranet mereka untuk mengakses internet publik melalui server
firewall. Mereka memiliki kemampuan menangani pesan yang datang dan pergi serta
menjaga keamanan yang utuh.
Ketika bagian
dari intranet diakses oleh pelanggan dan lainnya di luar bisnis, menjadi bagian
dari sebuah extranet. Bisnis dapat mengirim pesan pribadi melalui jaringan
publik, menggunakan enkripsi khusus / dekripsi dan perlindungan keamanan
lainnya untuk menghubungkan satu bagian dari intranet mereka yang lain.
Pengguna
intranet yang berpengalaman, editorial, dan tim teknologi bekerja sama untuk
menghasilkan website. Paling umum, intranet dikelola oleh departemen
komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya.
Kelebihan
Kebutuhan
intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
- Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
- Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
- Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
- Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan. [2]
Manfaat untuk sekolah
Manfaat
penggunaan intranet untuk sekolah:
- Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
- Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
- Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
- Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
- Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.
BAB III
SEJARAH INTERNET
Sejarah intenet dimulai
pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research
Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana
caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan
organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih
dari 10 komputer yang berhasil
dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan
membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia
ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah
sehingga langsung menjadi populer.Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau eretail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
BAB IV
PENUTUP
KesimpulanInternet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di Indonesia masih menemui banyak kendala, baik dari segi fasilitas maupun ketersedian sumber saya manusia serta ketersediaan sumber informasi yang dibuat oleh anak bangsa. Beberapa permasalahan yang kita hadapi adalah:
1. Akses internet masih mahal
2. Akses internet masih susah diperoleh
3. Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
4. Tenaga pendidik belum siap
Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.
No comments:
Post a Comment